Share info, Turtorial, dan lainnya.

Saturday, August 11, 2018

Belajar SEO Blog Untuk Seorang Pemula

Hallo sahabat intervirtuals blog, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing ilmu saya tentang SEO website. Karena banyak sekali blogger yang mengabaikan ilmu ini, padahal SEO sangat berpengaruh bagi perkembangan dan peningkatan ranking blog kita di mesin penelusuran google. Sebenarnya belajar SEO untuk seorang pemula memang agak susah, tapi saya rasa hal ini mudah dimengerti, dan alogaritma mesin telusur google pun selalu berubah di setiap saat, namun tidak ada salahnya kita masih menerapkannya.

SEO untuk Blogger pemula

Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang SEO sederhana yang saya terapkan ke dalam blog saya, berikut adalah beberapa yang akan kita pelajari pada pembahasan ini:

  1. Keyword
  2. Isi Konten
  3. Direct Link
  4. Input Webmaster
  5. Backlink 

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "Search Engine Optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadao situs dan reputasi.

Semakin hebat ilmu kalian tentang SEO, peluang peningkatan situs kalian di mesin telusur akan semakin bagus, tentunya mendatangkan banyak traffic di setiap konten yang telah kita publikasikan. Seperti siklus penjualan, semakin kalian pandai mengolola dan mempromosikan produk kalian, maka produk tersebut akan laku dan mengalahkan produk yang lain.


Keyword

Sebelum menulis sebuah artikel, tentukanlah judul yang sering dicari oleh banyak orang, banyak alat bantu untuk menentukan judul tulisan kita, bisa kalian cari di google dengan kata kunci "Keyword Suggestion". Dengan bantuan tersebut disana kalian bisa melihat hasil seluruh pencarian dengan kata kunci tertentu, dan memudahkan kita untuk menentukan judul artikel yang akan kita buat.

Belajar Keyword SEO

Carilah beberapa keyword yang sering dicari oleh orang, setelah itu gabungkanlah judul-judul tersebut menjadi satu judul, hal ini akan berpeluang untuk menampilkan konten kita di keyword yang berbeda.


Isi Konten

Standar konten minimal SEO google adalah dengan berisikan 300 kata, saya rasa 300 kata sangat singkat dan jelas, tentunya sangat worth it untuk pengunjung yang membaca. Tuliskan artikel dengan hasil tulisan kalian sendiri, karena jika copy paste kalian bisa saja terkena copy right kapan saja jika sang pemilik konten aslinya melaporkan.

Kalau baca artikel orang untuk referensi boleh ga, tapi topik kontennya sama?

Hal ini dengan copas tentunya berbeda, dengan membaca untuk mencari referensi lalu menyampaikan ulang dengan kajian kita sendiri, sama saja menghargai jerih payah sang penulis asli, namun alangkah baiknya cantumkan link artikel aslinya. Mencantumkan backlink ke dalam konten juga termasuk SEO, maka dari itu letakanlah link original konten di sela-sela kata yang kalian tulis.  

Perhatikan juga gambar yang kalian upload untuk mengisi artikel, sisipkan lah title ke dalam gambar, bagaimana caranya? kalian bisa klik gambar yang sudah kalian upload ke dalam tulisan kalian, setelah itu klik "Properties". Isikanlah title dengan keyword yang selaras denga judul artikel kita, saya berikat contoh dibawah ini.

Belajar menulis artikel SEO

Jangan lupa untuk memberikan label di setiap konten yang kalian buat, mengapa hal ini harus dilakukan? karena meletakan lebel di setiap artikel yang kita tulis akan membuat blog kita responsive, dan blog yang responsive adalah standar SEO google mesin telusur. Pembahasan ini sudah saya gabungkan dengan direct link, maka dari itu saya akan langsung loncat ke nomer selanjutnya.


Input Webmaster

Sebenarnya tak apa jika kita tidak input konten kita ke webmaster tools, namun saya sangat menyarankan untuk input setiap artikel yang kalian tulis ke dalam webmaster tools. Apa fungsi dari webmaster tools? webmaster tools akan mengindeks ke dalam mesin telusur setiap konten yang kita publis dalam waktu hanya hitungan detik saja. 

Namun ketika terindeks kita tidak tahu diperingkat berapa artikel kita muncul, hal itu kembali lagi dari seberapa berkualitasnya hasil tulisan kita, jika semakin hari semakin banyak yang berkunjung tentunya akan terus meningkat.

Backlink

Yang terakhir adalah backlink, apasih backlink itu dan apa fungsinya? Backlink adalah link masuk ke sebuah situs web, jadi link kita ditaruh di situs web/blog yang berbeda, semakin banyak yang menaruh link blog utama kita, maka blog utama tersebut akan meningkat peringkatnya. 

Hal ini bisa dilakukan sendiri sobat, sebagai contoh jika kalian ingin menulis konten anime naruto di blog utama, setelah di publis salinlah alamat link tersebut dan letekan di blog tumbal degan konten yang serupa, namun dengan catatan tidak boleh sama persis dengan blog utama.


Nah itulah dia beberapa hal yang harus kalian ketahui ketika belajar SEO, memang tidak sulit sepertinya, semua bisa kalian lakukan walau kalian masih seorang pemula. Masih bingung? silahkan ditanyakan saja dikolom komentar, pasti akan saya jawab kok. Salam Blogger!

2 comments:

Back To Top