Share info, Turtorial, dan lainnya.

Tuesday, September 12, 2017

Apakah Wattpad Membayar Para Penulisnya?

Apakah wattpad membayar para penulisnya?
Writter


Wattpad adalah platfrom yang digunakan bagi mereka yang hobi menulis ataupun membaca. Di wattpad kita bisa menemukan kedua belah pihak tersebut, tercatat lebih dari ratusan cerita baru ditulis di wattpad, dan jutaan pembaca yang siap untuk membaca cerita-cerita baru tersebut. Sama halnya seperti blogger, namun bedanya wattpad hanya berisi konten novel atau cerita saja, tidak bersifat umum seperti blogger. Bisa saja kita menulis hal yang bersifat umum seperti turtorial ataupun tips, akan tetapi sangat sedikit yang akan membaca hasil tulisan kalian, atau bahkan tidak akan ada yang membacanya. Ini sama saja seperti kalian mengajar di tengah hutan, salah tempat.

Apakah sistem wattpad sama seperti blogger, yaitu membayar para penulisnya jika banyak pembaca dari yang kita tulis? jawabannya adalah tidak sobat. Wattpad tidak membayar para penulisnya, seberapa banyak pun pembaca cerita kalian, wattpad tetap tidak akan membayar sang penulisnya. Sangat berbeda dengan blogger, yang akan tetap membayar walau pembaca konten yang kita tulis sangatlah sedikit. 

Namun, ada kelebihan yang dapat kita ambil melalui wattpad, apa itu? banyak para penerbit yang membaca cerita-cerita yang terdapat di wattpad. Tidak sedikit cerita yang ditulis di wattpad telah di angkat menjadi novel. Hal ini sama saja seperti bayaran atas apa yang telah kita tuliskan, dan kita benar-benar menjadi seorang penulis hanya karena menulis cerita saja di wattpad.

Bagi kalian yang memang benar-benar hobi menulis, dan telah menerbitkan banyak cerita di wattpad saya sarankan untuk tetap melanjutkannya, hingga ada suatu cerita yang benar-benar dapat banyak pembaca. Saya yakin, jika cerita yang kalian tulis banyak yang suka akan ada salah satu penerbit yang mengangkat cerita kalian menjadi sebuah buku novel.

17 comments:

  1. Oh kirain wattpad sma kyk hipwee/idntmes

    ReplyDelete
  2. nampaknya admin pengalaman nulis di wattpad ya,,,

    ReplyDelete
  3. Tapi kok ada ya, yang mau jadi penulis

    ReplyDelete
  4. Sama kayak di babenews ya, tapi penulisan harus benar2 berbobot dan menarik. menurut pengalaman saya daftar di babe

    ReplyDelete
  5. kirain saya berbayar , soal nya banyak juga yang jadi penulis

    ReplyDelete
  6. Peluang nih, yg penting konsisten

    ReplyDelete
  7. kirain sma kaya blogger gan, ada mbah adsense nya....

    ReplyDelete
  8. Yah bisa dibilang wattpad itu media untuk promosi tulisan kita, bisa juga untuk riset...

    ReplyDelete
  9. Ternyata nunggu dilirik penerbit ya gan :'D

    ReplyDelete
  10. Baru denger malah mas... Capek juga ya kalo nulis gak di bayarr...

    ReplyDelete
  11. saya salah satu penulis dan pembaca di wattpad, dari jaman wattpad masih belum terkenal. sampai sekarang jadi banyak penggunanya, kami menulis karena kami senang, kalau masalah dibayar itu suatu tambahan kecil. kita baca komentar dari pembaca aja udah senengnya minta apun dah, apalagi kalau sampai bisa terbit itu cerita. kanapa gak ngeblog aja? jujur kita susah dapet pembaca yang dapat nerima cerita, mengingat setiap penulis punya gaya bahasa yang berbeda beda..
    solder uap
    gitu aja sih, sharing kalau penulis itu menulis karena memang dia senang. upah dan sebagainya itu rezeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saya juga nulis kok di wattpad, punya followers baru sama ada yang suka dari cerita yang kita buat itu udah cukup membuat kita senang

      Delete
  12. Benar sekali, meskipun kita tidak di bayar, tapi ketika kita mulai menulis dan banyak yang menyukai tulisan kita. Itu adalah bayaran yang paling berharga

    ReplyDelete
  13. Benar sekali, meskipun kita tidak di bayar, tapi ketika kita mulai menulis dan banyak yang menyukai tulisan kita. Itu adalah bayaran yang paling berharga

    ReplyDelete
  14. Min anda kan berpengalaman di dunia blog apa saran bg pemula macam saya agar artikel bisa banyak yg baca dan banyak yg mengikaln di situ?

    ReplyDelete
  15. Klo untuk yg hobi nulis tp ga punya blog bisa manfaatin wattpad ya gan..

    Atau klo mau n ngisi blog saya silahkan pm gan..
    Kebetulan blog kosong n lama ga terurus

    Info via email ya gan klo ada yg minat jadi penulis..

    kanjengsemar888@gmail.com

    ReplyDelete

Back To Top