Share info, Turtorial, dan lainnya.

Tuesday, September 12, 2017

Dari Mana Para Penulis Wattpad Mendapatkan Penghasilan?

Wattpad adalah sebuah platfrom untuk para penggemar menulis ataupun membaca. Sama halnya dengan blogger, wattpad disediakan secara gratis untuk siapapun tanpa diperlukan syarat. Akan tetapi, wattpad hanya untuk menulis sebuah cerita saja, bukan turtorial ataupun sebuah panduan. Karena semua kontennya adalah cerita, baik itu fiktif ataupun kenyataan, maka dari itu wattpad disebut sebagai novel online. Karena kebanyakan ceritanya panjang seperti novel pada umumnya.

Cara menulis di wattpad
Writter


Dalam wattpad terdapat banyak genre yang dapat kita pilih, terdapat genre romance, drama, fantasy, comedy dan lain sebagainya. Kalian bebas untuk memilih genre apa saja, dan kalian bebas membuat cerita seperti apa saja, baik itu fiktif ataupun dari kisah nyata suatu kejadian dalam hidup kalian. Peminat wattpad sangatlah banyak, dengan cara membagikan hasil karya tulisan kalian disini, kalian bisa saja menjadi orang terkenal, bahkan bisa dianggap sebagai penulis.

Tercatat bahwa seorang penulis wattpad yang berjudul "Dear Nathan" sangat popular saat ini, tidak hanya diangkat menjadi sebuah novel, namun, cerita tersebut kini sudah dijadikan ilustrasi novel, atau film. Pemain film tersbeut juga orang yang sudah terkenal, yaitu Jefri Nichol dan Amanda. Cerita dari dear nathan ini memang sangat menarik, wajar saja jika cerita tersebut menjadi pamor dan memang layak untuk di filmkan.

Apakah sang pembuat cerita dear nathan mendapatkan uang dari wattpad? jawabannya adalah tidak, mengapa? karena wattpad tidak membayar para penulisnya. Lalu dari mana para penulisnya mendapatkan uang? kok mau menulis tanpa dibayar? sekali lagi saya tegaskan, wattpad dirilis untuk mereka yang gemar membaca ataupun menulis, saya yakin kalian mengenal prinsip akan tetap melakukan hobi walau tanpa bayaran.

Namun jangan bersedih, kalian masih kemungkinan untuk menghasilkan uang dari wattpad sobat. Dari mana? perlu kalian ketahui, bahwa pembaca wattpad juga banyak dari novelis-novelis penerbit buku, jika mereka baca lalu cerita yang kalian buat itu bagus, apalagi sampai banyak yang suka, saya jamin pasti cerita kalian di angkat menjadi sebuah novel, sama seperti cerita dear nathan.

Silahkan kalian coba sendiri membuat satu cerita, siapa tahu menjadi tenar ceritanya. Kalau memang suka nulis, kenapa harus di pendam? kelaurkan saja melalui wattpad, agar semua orang dapat membacanya.

16 comments:

  1. mantap informasinya,jdi ingin nulis novel.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata ga dibayar di wattpad itu.

    ReplyDelete
  3. Wahh mantap nih bisa dicoba, buat sampingan dari blogger

    ReplyDelete
  4. Gimana caranya. Aku pembaca setia wattpad

    ReplyDelete
  5. Gan, kalo misalkan kita nulis di wattpad, apakah cerita yg kita publish bisa mencangkup semua orang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi harus sudah dibaca, nanti kalau sudah banyak peminat wattpad nanti direkomendasikan langsung oleh wattpad

      Delete
  6. Pengen juga, biar bisa dapet uang tanpa minta orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba mbak, saya juga masih pelajar jadi saya cari sampingan nulis :D

      Delete
  7. Wah, menarik untuk dicoba ya.
    Kunbal remajasinau.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Halo kaka.. infonya sangat berguna sekali.

    Kebetulan saya juga membahas serupa tapi berbeda caranya. Kamu kalo mau baca bisa mempelajarinya Apa dan Apakah Menulis di Wattpad Bisa Menghasilkan Uang

    Ini contoh tulisan wattpadku Hidup Adalah

    ReplyDelete
  9. mau bertanya, apakah ada kemungkinan tulisan kita dijiplak oleh orang lain jika kita menulis di wattpad? saya udah buat cerita, tinggal mengunggu di pubish dan masih khawatir terhadap kasus seperti ini.

    ReplyDelete
  10. Yah kuy kira si iklan di wattpad itu yang bayar wkwk

    ReplyDelete
  11. https://my.w.tt/7zvRBDlqIV

    Crita yang menarik.

    ReplyDelete
  12. Kontennya keren. Dan saya juga menulis tentang ini. Cara Mendapatkan Uang dari wattpad ini berbeda dengan artikel ini.

    ReplyDelete

Back To Top