Share info, Turtorial, dan lainnya.

Tuesday, August 21, 2018

Perbedaan Paket Dedicated, Broadband, dan Up To

Kemajuan teknologi tak luput dari peningkatan kualitas koneksi internet kita di tanah air ini, berbeda sekali pada tahun 2000an yang begitu sulit untuk mendapatkan akses internet, saat ini sudah tersedia banyak sekali provider internet di setiap kota, bahkan ada yang membangun RT/RW Net di daerah mereka masing-masing, hal ini membuktikan bahwa peningkatan kualitas pengetahuan dibidang jaringan terus meningkat. 

Paket Internet Broadband, Dedicated, dan Up To


Setiap provider tentunya menyediakan paket bandwith internet yang berbeda-beda, semua itu tergantung dari harga ataupun kebutuhan kita sendiri. Biasanya nama-nama paket tersebut adalah Dedicated, Broadband, dan Up To, lalu apakah perbedaan dari ketiga paket tersebut? Oke simak selengkapnya dibawah ini.


Dedicated Internet

Dedicated adalah sebutan untuk pelanggan yang ingin menggunakan akses internet untuk dirinya sendiri, waduh gimana tuh maksudnya min? okee saya akan menjelaskan secara rinci. Oke biasanya disetiap paket yang dikeluarkan oleh salah satu provider itu berisi beberapa client, misalkan ada paket yang bernama "GAMING" dengan kecepatan 50Mbps, sang client akan mendapatkan full speed 50Mbps jika memilih paket Dedicated, berbeda dengan Up To yang berisi beberapa client di bandwith yang telah ditentukan, untuk penjelasan Up To akan dibahas nanti dibawah.


Broadband

Broadband adalah sebutan client yang tidak hanya membeli paket internet saja, mereka biasanya membeli paket jaringan internet plus saluran televisi, ataupun dengan memasang telphone. Paket ini adalah gabungan paket dengan Dedicated, karena dia menggunakan paket bandwith hanya untuk dirinya sendiri, namun ada juga paket Broadband yang Up To juga, jadi biasanya harga yang diberikan cukup mahal dibandingkan dengan Up To.


Up To

Dari tadi saya selalu menyebutkan Up To di setiap definisi, hehe apasih sebenarnya Up To itu? paket Up To adalah paket bersama yang diberikan kepada client dengan bandwith yang telah ditentukan. Jadi misalkan sang provider memberikan kecepatan internet 100Mbps, dan Up itu diisi dengan 10 Orang, maka kemungkinana besar kita hanya mendapatkan 10Mbps saja jika semua client menggunakan internet dengan pemakaian yang tinggi, namun jika tidak ada pemakaian internet yang besar, kita bisa berkemungkinan mendapatkan kecepatan full yaitu 100Mbps, 

Paket ini bisa dikatakan dengan rebutan, jangan terlalu tergiur dengan bandwith besar yang diberikan oleh sang provider, biasanya paket ini juga memiliki harga yang tidak begitu mahal dibandingkan paket sebelumnya, namun semua itu kembali lagi bagaimana kebutuhan kalian sendiri ingin yang seperti apa.


Okee begitulah definisi dari Dedicated, Broadband dan Up To, jika kalian masih merasakan kebingungan silahkan langsung tanyakan saja di kolom komentar kita berdiskusi, saya pasti balas jika ada komentar pertanyaan, salam blogger!

No comments:

Post a Comment

Back To Top