Share info, Turtorial, dan lainnya.

Thursday, July 18, 2019

Gambar Anime Menggunakan MS Paint? Bisa!

Hallo sahabat intervirtuals blog, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya saat menggambar anime menggunakan MS Paint, jadi pada saat beberapa hari lalu salah satu teman saya ada yang bilang ke saya "Lu kan lumayan jago gambar, coba bisa gak gambar di MS Paint?" saya merasa tertantang dengan pertanyaan tersebut, alhasil keesokan harinya saya mencoba untuk menggambar.

Sebelum saya cerita ke proses gambarnya, saya ingin memberitahu dulu bahwa saya biasa menggambar anime menggunakan Paint Tool SAI, software tersebut sangat cocok untuk kalian yang pemula, karena semua fitur mudah dipahami dan sangat gampang.  

Ada beberapa software lainnya yang bisa kalian gunakan untuk menggambar anime, seperti MediBang, Mangaku Studio, Clip Studio Paint, dan bahkan Photoshop pun bisa dijadikan alat untuk menggambar anime, namun jika kalian mencoba menggambar anime dengan photoshop kalian harus memiliki keterampilan lebih, menurut saya agak rumit jika membuat sebuah gambar di photoshop.

Oke kita kembali ke topik awal, dimana di esok harinya saya mencoba untuk menggambar anime di MS Paint, dan hasilnya bisa kalian lihat pada Gambar 1 dibawah ini.


cara gambar anime di MS Paint
Hasil Gambar 1

Setelah membuat gambar yang pertama, keesokan harinya saya mencoba untuk menggambar sekali lagi, dan hasilnya seperti dibawah ini.

Gambar kedua di MS Paint
Hasil Gambar 2

Semua gambar yang diatas saya buat dalam kurun waktu kurang lebih 1 jam, entah ini bisa dibilang cepat atau lambat, karena saya sendiri merasa agak kesulitan menggunakan MS Paint, saya akan coba share kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan:
- Mudah Menduplikasi
- Mudah merotasi / mengubah posisi salah satu objek 
- Tidak perlu menggunakan sistem layer

Kekurangan :
- Sulitnya menyeleksi objek
- Tools gambar yang kurang 
- Tidak ada brush mode

Overall MS Paint masih bisa dikatakan layak untuk menggambar anime, semua itu kembali lagi kepada keterampilan gambar masing-masing.

"Bang, lu gambarnya pake pen tab atau mouse?"

Saya gambar pakai mouse (karena gak punya pen tab), saya rasa MS Paint lebih nyaman menggunakan mouse dibanding pen tab, karena tidak ada menu seleksi garis otomatis. Dan bagi kalian yang memiliki pen tab saya sarankan menggunakan software gambar yang lain saja, atau menggunakan software bawaan dari Pen tabnya.

"Ada turtorial gambarnya gak bang?"

Saya belum buat, kalau kalian mau saya buat turtorialnya silahkan tulis di kolom komentar dibawah, segitu saja di artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Back To Top