Share info, Turtorial, dan lainnya.

Wednesday, October 17, 2018

Cara Membuat Dude Monitoring Menggunakan Mikrotik

Hallo sahabat intervirtual blog, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan turtorial bagaimana cara konfigurasi The Dude. Dude adalah sebuah software yang digunakan untuk melakukan monitoring sebuah jaringan yang berada pada perangkat router Mikrotik. Dude ini dijadikan salah satu software andalan bagi para anak jaringan, karena selain gratis, lengkap, cara kerjanya pun mudah.

Topologi

Pada konfigurasi kali ini saya mencontohkan IP public dengan IP 103.30.14.6 yang nantinya akan langsung terhubung ke router pada ether1, lalu saya buat ip private pada router di ether2 dengan IP 162.170.1.1, IP ini saya buat untuk IP dude server nanti pada VMware.


Tidak semua perangkat router bisa menginstall dude, tergantung dari Architecture serta versi RouterOS yang digunakan sob, pada turtorial ini saya mengkonfigurasi pada Mikrotik OS (x86) versi 6.42.6 untuk dijadikan sebagai server Dude, saya menggunakan VMware sebagai perantara untuk menginstall Mikrotiknya.

Install Dude Server

1. Masuk ke dalam mikrotik menggunakan aplikasi winbox, jika belum punya silahkan klik disini.

2. Pada tab bar, pilih menu Dude > Setting.



3. Centang "Enable" pada menu Setting.


Dude server telah terinstall, kalian dapat langsung membuka software Dude Client pada Laptop/Komputer kalian, lalu login dengan user yang ada di router dan IP router dude 162.170.1.2 (sesuai dengan topologi)

Login Dude client
Login ke Dude

Baca Juga : Cara Membuat User Cacti Dengan Access Tertentu

Langkah selanjutnya adalah recover subnet IP yang ingin kalian monitoring dengan cara klik menu "Discover" untuk memulai auto scanning siapa saja network yang terhubung dengan Dude Server.

Dude server discover untuk monitoring jaringan
Discover subnet IP di Dude Client

Dude akan otomatis memunculkan link yang sudah terhubung dengan perangkat router.

Dude aplikasi terbaik untuk monitoring jaringan
Hasil Konfigurasi Dude Server

Selesai sobat, begitulah konfigurasi atau installasi dude server menggunakan virtual, silahkan kalian bisa membuat map baru di dude server untuk subnet IP yang berbeda, dan jika kalian ingin membuatnya di router fisik silahkan saja, caranya sama dengan yang diatas, jika masih kebingungan silahkan tanyakan dikolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment

Back To Top