Share info, Turtorial, dan lainnya.

Wednesday, May 23, 2018

5 Band Indie Terbaik Di Indonesia

Banyak musisi Indonesia yang memiliki karya yang luar biasa hebat, mulai dari yang berkarya hingga ke seluruh negeri bahkan sampai ada yang sampai go internasional. Kita harus bangga terhadap musisi-musisi indonesia pada saat ini, karena bukan hanya membuat diri mereka sendiri pamor, akan tetapi mereka membawa harum nama indonesia di kanja internasional. 

band indie indonesia terbaik
Indie Indonesia

Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu band Indie?

Bagi kalian yang berfikiran bahwa indie adalah sebuah genre, itu salah sobat. Indie sendiri bukanlah suatu genre musik, melainkan sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, tidak bergantung sama sebuah label musik atau sebagainya. Band Indie cenderung menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan, jadi tidak hanya pop saja, yang terpenting mereka berkarya, menciptkan lagu-lagu yang mereka inginkan.

Jujur saja, saya pribadi lebih menyukai band indie dibandingkan dengan band-band yang sedang popular dalam negeri saat ini. Bukan berarti mereka tidak lebih baik dari apa yang saya suka, ini dilihat dari sudut rasa suka, rasa suka seseorang terhadap seni itu berbeda tidak bisa di sama ratakan begitu saja, yang terpenting kita tetap mengapresiasi karya-karya yang mereka ciptakan, toh kita hanya penikmat.

Di indonesia banyak sekali band-band indie yang menurut saya karyanya benar-benar sangat berkelas, bukan hanya sekadar lirik cinta saja yang mereka tulis, namun lirik yang mereka gunakan menggunakan rasa khayal yang lain, bahkan mampu membuat kita berimajinasi. Menurut saya itu suatu hal yang sangat bagus, karena kehadiran mereka menjadi nuansa yang berbeda di dunia musik indonesia yang saya rasa sudah terlalu monoton.

Berikut adalah 5 band indie terbaik menurut saya pribadi, kalau menurut kalian berbeda ya biar saja, seperti yang saya bilang, seni tidak bisa di sama ratakan hehe.

1. Payung Teduh

Siapa yang tidak mengenal dengan band yang satu ini? yak salah satu band indie yang bergenre jazz yang sangat terkenal dengan lagu Akadnya. Sebenarnya band ini sudah saya sukai sejak tahun 2016, namun Payung Teduh mendadak sangat popular dengan lagu yang berjudul Akad. Jujur saja, memang lagu tersebut sangat enak nadanya, mungkin kebanyakan dari kalian juga merasa seperti itu. Selain enak nadanya, dalam lagu ini juga mengandung lirik yang begitu indah, seakan-akan semua orang ingin mengatakan lirik tersebut. 

Hal ini membuktikan bahwa band indie yang tidak begitu famous mampu bersaing dengan band yang sudah sangat popular di Indonesia, bahkan saya rasa melampaui. Namun sangat disayangkan, band ini dinyatakan bubar, saya tidak begitu tahu apa alasan mereka bubar, yang jelas lagu mereka masih akan terus disukai oleh masyarakat indonesia.

2. Stars And Rabbit

Wahhh!! ini dia band indie favorit saya hehe, sejak SMP saya selalu menyukai hal-hal yang berupa fantasy, atau dunia dongeng. Sejak saya tahu band ini, saya seneng haha. Saya sendiri belum tahu apa genre dari Stars And Rabbit, bahkan mereka sendiri pun bingung apa genre mereka, yang jelas lirik yang mereka gunakan ditulis langsung oleh penyanyinya yaitu mbak Elda, seorang mantan vokalis Evo.

Band ini terlahir pada kota Yogyakarta. Yang membuat saya sangat menyukai band ini adalah lirik yang mereka gunakan selalu unik, serta alur cerita dalam lagu mereka semua berisi tentang kehidupan mbak Elda itu sendiri, serta nada lagu yang begitu berbeda dengan lagu-lagu yang saya dengar. Saya sangat menyukai lagu-lagu Disney, sejak saya mendengar Stars And Rabbit saya merasa bahwa mereka adalah Disneynya Indonesia.

Lagu yang paling popular dari Stars And Rabbit adalah Man Upon The Hill, lagu yang pernah di pakai dalam film karya Ernest Prakasa yang berjudul Susah Sinyal. Biasanya lagu tersebut selalu dijadikan penutup di acara-acara band indie, jujur saya selalu merinding ketika menonton langsung Stars And Rabbit ketika membawakan lagu ini di akhir acara, mungkin karena memang saya suka.

3. Fourtwnty

Yaa band ini adalah band indie kedua yang saya sangat sukai, karena gaya vokalis yang hampir sama dengan mbak Elda Stars And Rabbit, yaitu selalu nyeker saat bernyanyi serta melakukan gestur tubuh yang anti mainstream. Lagu yang mereka ciptakan sangat enak untuk di dengar, terutama yang berjudul Zona Nyaman dan Fana Merah Jambu.

Siapa coba yang tidak kenal dengan lagu Zona Nyaman? Di youtube saja views yang mereka dapatkan sudah mencapai 50jt views. Yaa lagu ini pernah di pakai dalam film Filosofi Kopi yang kedua.

4. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah salah satu band indie dengan genre jazz juga sobat, bagi kalian yang menyukai jazz dengan lirik yang begitu puitis, Efek Rumah Kaca saya rasa menjadi rekomendasi terbaik. Lagu-lagu yang mereka ciptakan pun saya rasa enak di dengar, dan cocok sekali di dengar kepada kalian yang sedang galau, atau dalam sedang perjalanan dimobil.

5. Banda Naira

Yang terakhir adalah Banda Neira, lagu-lagu mereka sangat enak sekali nadanya sobat! cocok sekali di dengarkan saat lagi berpisah dengan seseorang, dalam perjalanan, atau bahkan sedang merasakan ke galauan, semua itu bisa di campur aduk di dalam lirik per lirik lagu Banda Neira.

Senasib dengan Payung Teduh, band indie yang satu ini juga bubar, entah apa alasannya. Namun yang jelas saya sangat menyukai lagu-lagunya yang begitu enak, anti mainstream, serta nada lagu yang begitu berbeda, mungkin hanya Banda Neira yang memiliki lagu seperti itu di Indonesia pada saat ini.


Nah itulah sobat 5 band indie terbaik indonesia menurut saya, kalau menurut kalian berbeda ya biar saja.

No comments:

Post a Comment

Back To Top