Share info, Turtorial, dan lainnya.

Thursday, April 19, 2018

Trafik Blog Menurun? Apa Yang Harus Dilakukan? Berikut Alasan Mengapa Trafik Menurun

Banyak orang menulis di blog bukan karena hobi ataupun keseriusan mereka dalam dunia blogging, ada juga yang hanya mengincar penghasilannya saja. Perlu kalian ketahui bahwa menjadi seorang blogger bukanlah suatu hal yang mudah, kita tidak bisa begitu saja mendapatkan penghasilan setelah kita selesai menulis, terdapat sebuah proses yang berat serta persaingan yang ketat antar sesama blogger, baik indonesia ataupun dunia luar, tergantung bagaimana isi konten yang kita buat. 

Alasan mengapa trafik blog menurun
Trafik menurun


Tujuan utama seorang blogger menulis adalah menempatkan konten yang mereka publis di posisi awal penelusuran search engine, baik itu google ataupun search engine yang lainnya. Apa fungsinya jika berada pada posisi pertama di mesin penelusuran? tentu saja mendatangkan trafik yang begitu banyak, apalagi kalau konten yang kita buat sedang dalam masa trending, tentunya sangat bermanfaat untuk kemajuan rank blog. Namun, hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan trik akurat untuk menempatkan konten berada pada posisi pertama mesin telusur, karena sistem alogaritma mesin penelusur google sangat sulit untuk dipahami.

Bahkan google pun tidak memberi saran ataupun tips agar kita bisa berada di posisi awal penulusuran, ini menjadi tantangan tersediri untuk bersaing bagi semua blogger. 

Apakah bisa turun dari posisi pertama ke posisi sekian? 

tentu bisa, pengalaman saya sudah 2 artikel yang peringkat pertama di mesin telusur menjadi menurun ke posisi 3 atau 4 saya lupa. Jujur saja saya juga belum paham betul mengenai hal ini.

Begitulah kinerja seorang blogger, semakin banyak konten dan semakin banyak yang berada di posisi pertama pada mesin telusur, maka semakin banyak pula trafik yang akan mereka dapatkan setiap harinya. 

Lantas mengapa sebuah blogger bisa mengalami penurunan trafik? 

Salah satu alasannya yaitu seperti yang sudah saya bilang, bahwa terdapat salah satu peringkat di mesin penelusuran di salah satu konten kita. Kita sebagai publisher tidak bisa menjamin posisi tersebut akan bertahan, dan kita juga tidak bisa mempertahankan posisi tersebut, selagi situs kita yang sering di pilih saat sang pembaca ingin mencari sesuatu, lalu bertahan lama di blog kita, maka persentase posisi peringkat tidak menurun semakin besar. Karena rank blog di nilai dari seringnya konten di klik dan seberapa lama sang pembaca bertahan di dalam blog kita.

Gonta-ganti template ngaruh ke trafik blog gak mas? 

Banyak yang beranggapan bahwa mengganti-ganti blog dapat mengurangi trafik, namun saya rasa tidak, dengan catatan template yang kalian baru gunakan sesuai dengan standar SEO, konten kalian akan bertahan jika masih dalam kualifikasi.

Tidak aktif berbulan-bulan trafik bisa menurun atau tidak? 

Nah ini dia, blog yang tidak aktif selama berbulan-bulan biasanya akan mengalami penurunan trafik yang sangat drastis, saya memiliki blog yang awalnya 1.000 visitor perhari, lalu saya tinggalkan selama 4 atau 5 bulan saya lupa, trafik blog saya menjadi 100-150 visitor saja dalam satu hari. Maka dari itu sering-seringlah kalian update konten baru, blog mati posisi konten kita pun bisa saja tersalip oleh blog lain. 

Yaa oke mungkin segitu saja, kalau masih ada yang bikin bingung atau ada pertanyaan silahkan kita berdiskusi di kolom komentar aja yaa, salam Blogger!

4 comments:

  1. blog ane paling stabil gan, 2pv perhari hehe.....

    ReplyDelete
  2. berarti intinya harus rajin post juga ya gan ?

    ReplyDelete

Back To Top