Share info, Turtorial, dan lainnya.

Saturday, January 20, 2018

Cara Menjadi Seorang Penulis Yang Handal

Hallo sahabat intervirtual blog, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menjadi seorang penulis yang handal, memang saya tidak terlalu pandai dalam bidang menulis, namun setidaknya saya akan mencoba memberikan arahan awal bagaimana untuk menjadi seorang penulis yang benar dari pengalaman yang sudah saya dapatkan. Banyak cabang jika kita ingin menjadi penulis, kita bisa memilih menjadi penulis skrip film, penulis independen seperti blogger, penulis novel, jurnalis, atau bisa menjadi penulis ilmiah. Semua itu tergantung dari diri kalian masing-masing pandai dalam bidang yang mana. Saya pribadi lebih memilih menjadi penulis blog saja.



Kita harus siap menerima banyak resiko jika menginginkan menjadi seorang penulis, pasti banyak hal yang akan membuat kita menjadi down, karena menjadi seorang penulis tidak memiliki pendapatan yang tetap, begitu juga nilai pendapatannya. Semua itu tergantung dari apa yang kita tulis, kita hanya mengandalkan itu saja. Namun, tidak sedikit juga banyak penulis yang sudah sukses, bahkan tidak sedikit karya-karya tulis yang diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Berikut saya akan berikan beberapa tips yang saya ketahui tentang dunia menulis.


Banyak Membaca Karya Orang Lain

Carilah inspirasi dari karya-karya terdahulu, syarat menciptakan sebuah karya adalah meniru karya sebelumnya. Carilah inspirasi dari karya orang lain, ambil ilmu-ilmu dari karya yang kalian baca. Ingat, carilah inspirasi bukan menyontek. Bacalah novel jika kalian ingin sekali membuat sebuah cerita atau menulis kisah nyata kalian, jika kalian ingin menjadi seorang jurnalis, maka perbanyaklah baca koran atau buku-buku lainnya yang bertema berita, dan begitu juga yang lainnya. Dengan begitu kalian mampu terlatih bagaimana cara penulisan yang benar, dan kalian juga akan terlatih cara kalian menuangkan kata-kata yang tepat. Selain itu juga, banyak membaca dapat meningkatkan wawasan kalian.

Cobalah Menulis

Setelah kalian membaca dari karya-karya sebelumnya, maka langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat karya tulis sendiri. Tidak perlu langsung sebuah karya yang hebat, dimulai dari yang paling bawah terlebih dahulu, jika kalian sangat menyukai novel, buatlah cerita pendek, yang terpenting dari cerita adalah alurnya. Jika kalian ingin menjadi seorang jurnalis, buatlah beberapa berita yang kalian ketahui, baik itu dari televisi ataupun media berita lainnya. Jika kalian ingin membuat sebuah panduan, belajarlah membuat buku turtorial, bagikan ke teman terdekat kalian terlebih dahulu, tanyakan kepada mereka apakah ada banyak yang tidak di mengerti dari tulisan kalian, seharusnya sebagai penulis panduan yang baik, sang pembaca tidak akan bertanya-tanya, mereka akan mengerti dari apa yang kita sampaikan.

Bagikan Karya

Jika sudah membuat karya, bagikanlah karya-karya kalian, saat ini banyak media sosial yang mampu kalian manfaatkan untuk membagikan hasil karya tulis kalian. Saat ini tersedia website dengan trafik yang sangat tinggi seperti wattpad, namun wattpad hanya untuk penulis yang suka membuat novel saja, jika kalian ingin menjadi jurnalis buatlah blogger, tuliskan berita dengan efektif dan tidak mengandung unsur hoax atau dengan kata lain benar-benar terjadi. Bagi kalian yang ingin membuat sebuah buku, ajukanlah ke beberapa media penerbit di daerah kalian masing-masing, jika masih belum diterima jangan menyerah, cari kekurangan dari hasil karya kalian, dan buatlah kembali serta dengan pembaharuan yang lebih menarik dari karya sebelumnya.


Nah itulah dia sobat beberapa tips dari saya bagaimana cara menjadi seorang penulis, jika gagal, maka bangkitlah, tidak ada yang isntan di dunia ini, tetap semangat hingga kita mampu mencapai apa yang kita inginkan. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Back To Top